Google Nexus One, Ponsel Terbaru Google!!!!

Kalau bicara tentang Google, sudah pasti pikiran kita akan tertuju pada salah satu search engine terbesar saat ini. Hampir setiap orang yang telah berkenalan dengan dunia maya (internet) pasti tahu dan pasti pernah menggunakannya. Selain mudah, search engine ini termasuk yang memiliki data base yang besar dan hasil pencariannya pun bagus. Begitu pula dengan sistem operasi untuk mobile yaitu Android, walaupun tidak semua orang tahu, namun sistem operasi ini cukup merajai pasar ponsel akhir-akhir ini, bahkan mampu menandingi OS yang telah ada seperti symbian dan windows mobile. Tapi jika berbicara tentang ponsel Google? Belum tentu semua orang tahu.

Google Nexus One, itulah produk ponsel kelas smart phone (bahkan beberapa menyebutnya ponsel super) buatan Google yang berkerjasama dengan HTC. Tentu saja OS yang digunakan adalah buatan Google sendiri, Android versi 2.1 yang masih merupakan versi OS terbaru Android. Prosesor yang digunakan pun tidak main-main, Qualcomm QSD 8250 dengan clockspeed 1 GHz, bandingkan dengan ponsel kelas super lainnya, misal N900 atau BB Onyx yang masih berkutat pada angka 600MHz. Terasa masih kurang? Tenang saja, memori RAM yang digunakan untuk ponsel ini sudah pada angka 512 MB dengan memori internal 512 MB, MicroSD bawaan sebagai tempat menyimpan data juga sudah disiapkan pada paket penjualan sebesar 4 GB. Batrei yang digunakan berkapasitas 1400 mAh, kira-kira bisa bertahan 2 hari dengan banyak menggunakan aplikasi dan multimedia.


Google Nexus One yang berjalan pada frekuensi GSM (850/900/1800/1900 MHz) dan WCDMA (3G) ini dijual dalam versi Unlock atau tanpa dibundling oleh operator selular sehingga dapat digunakan dengan berbagai macam operator selular yang dikehendaki. Ponsel ini berukuran 11,9 x 5,98 x 1,15 cm denga berat sekitar 130 gram, cukup pas di tangan. Layar sentuh yang digunakan jenis AMOLED capasitive yang terkenal lebih hemat energi dibandingkan jenis layar yang lain sebesar 3,7 inchi dengan resolusi 800x480 pixel. Pada penggunaanya dapat diatur dalam tiga tingkat kecerahan sesuai yang diinginkan, namun tipe layar ini kurang adaptif dibawah sinar matahari langsung. Satu hal yang paling menarik dari tampilan awal smartphone ini, yaitu live wallpaper yang atraktif. Berbeda dengan wallpaper biasa yang umunya berupa foto yang dijadikan homescreen, wallpaper ini dapat bereaksi saat pengguna menggunakan ponsel ini mapaun saat menggunakan software. Misalnya, saat kita memilih wallpaper air, maka saat layar disentuh, maka akan timbul efek air seperti air kolam yang disentuh permukaannya. Atau saat wallpaper bentuk equaliser, maka ketika memainkan musik, wallpaper akan berekasi dengan lagu yang dimainkan, menarik bukan! Selain layar sentuh, tedapat 4 tombol sofkey (tombeol kembali, menu, home dan serach) dan trackball yang digunakan sebabagi kontrol alternatif selain layar sentuh.

Nexus one dibekali dengan kamera 5 MP untuk sarana fotografi. Terdapat autofokus untuk pengambilan gambar yang lebih baik, lampu flash, dan dilengkapi dengan geotag. Walau tidak dilengkapi pengaturan kamera profesional seperti Xperia X2, namun dengan resolusi 5 megapixel, hasil potretan cukup bagus. Tak lupa player musiknya, dengan tampilan dan ukuran hampir menyerupai player produk iPhone, tentu menjadi daya tarik tersendiri. Pemutar musik ini sudah dapat mengenali identitas ID3tag pada file musik untuk kemudian dipilah-pilah menurut kategori-kategori seperti artist, judul lagu maupun genre.

Tentu saja sebagai produk dari search engine yang terbesar, konektifitas merupakan bagian yang mendapat perhatian tersendiri. Koneksi sudah pada jaringan HSDPA berkecepatan tinggi, 7,2 mbps untuk download dan 2 mbps untuk upload. Bukan yang tercepat, namun sudah cukup untuk memuaskan pengguna selain itu masih tergantung pada operator yang digunakan. Sebagai alternatif, kita bisa menggunakan koneksi GPRS, EDGE dan Wifi yang juga tersedia. Khusus untuk Wifi, yang digunakan merupakan versi terbaru yaitu WiFi 802.11n, tentu saja memiliki performa yang lebih dari versi sebelumnya. Masih ada Bleutooth yang sudah mendukung A2DP sebagai sarana transfer data. Sebagai catatan, ponsel ini sulit digunakan sebagai modem PC, sehingga untuk keperluan penambahan aplikasi yang baru sepenuhnya dilakukan dengan download langsung dari Android market.

Nah disisi aplikasi, pada paket penjualannya disertakan aplikasi Google seperti Gmail, Gtalk, Youtube dan Google maps yang dapat langsung terintegrasi dengan server Google. Pengaturan akun emailnya pun cukup sederhana, tinggal masukkan pasword dan username dan selanjutnya akan dilanjutkan secara otomatos oleh Goolge. Terdapat reciever GPs untuk sarana Google maps dengan fungsi Direction dengan performa yang menajubkan, lebih baik saat dibandingkan dengan Nokiamaps dan GarminTXT dari sisi Directionnya. Satu hal yang disayangkan, fitur turn by turn kurang bagus, selain itu belum mendukung peta Indonesia (sama aja belum bisa dipakai, masak di Indonesia pakai peta Amerika atau negara lainnya, bukannya sampai tujuan, tersesat malah iya ntar). Ops hampir lupa browsernya, yang digunakan jelas browser khas ponsel Android yang sangat inetraltif dengan ponsel layar sentuh. Tampilan yang didapat sudah sekelas dengan tampilan destkop, dengan proses kompresi yang handal.
Dengan berbagai macam fitur baru dan tentu saja handal, menjadikan Nexus One sebagai salah satu ponsel yang paling ditunggu pada tahun 2010 dan sangat layak dimiliki (coba aku punya uang hehe, penguasa-penguasa, berilah hambamu uang). Memang belum dirilis secara resmi di Indonesia, namun sudah banyak beredar di beberapa toko ponsel yang tentu saja dengan garansi toko. Tertarik? Cukup siapkan uang sekitar Rp. 6.900.000, maka ponsel super ini jadi milik anda, mahal memang tapi setara dengan kualitas barangnya..

Specification
Processor Qualcomm® QSD8250™, 1 GHz
Operating System Android™ 2.1 (Éclair)
Memory ROM: 512 MB
RAM: 512 MB
Dimensions (L x W x T) 119 x 59.8 x 11.5 mm ( 4.69 x 2.35 x 0.45 inches)
Weight 130 grams ( 4.59 ounces) with battery
Display 3.7-inch AMOLED with 480x800 WVGA resolution
Network HSDPA/WCDMA:
• 900/AWS/2100 MHz
• Up to 2 Mbps up-link and 7.2 Mbps down-link speeds
Quad-band GSM/GPRS/EDGE:
• 850/900/1800/1900 MHz
(Band frequency and data speed are operator dependent.)
Device Control Trackball with Enter button
GPS Internal GPS antenna
Connectivity Bluetooth® 2.0 with Enhanced Data Rate and A2DP for wireless stereo headsets
Wi-Fi®: IEEE 802.11 b/g
Micro-USB port
3.5 mm audio jack
Camera 5.0 megapixel color camera with auto focus, 2X digital zoom, LED flash, and geo tagging
Audio supported formats .aac, .amr, .awb, .wav, .wma, .mp3, .mid
Video supported formats .mp4, .3gp, .3g2, .m4v
Battery Rechargeable Lithium-ion polymer battery
Capacity: 1400 mAh

Talk time:
• Up to 10 hours for 2G networks
• Up to 7 hours for 3G networks
Standby time:
• Up to 290 hours for 2G networks
• Up to 250 hours for 3G networks
(The above are subject to network and phone usage.)
Expansion Slot microSD™ memory card (SD 2.0 compatible)
AC Adapter Voltage range/frequency: 100 ~ 240 V AC, 50/60 Hz
DC output: 5V and 1A
Special Features Proximity sensor
Ambient light sensor
G-sensor
Digital Compass

Referensi
http://www.htc.com/sea/product/nexusone/specification.html
Tabloid pulsa, edisi 176 th VII/2010/10-23 Februari

0 Response to "Google Nexus One, Ponsel Terbaru Google!!!!"

Posting Komentar