LG “New Chocolate” BL40, Hmmm Nyummi....


Masih ingat LG... Chocolate yang berbentuk slider? Nah sekarang telah dirilis coklat baru yang berbeda jauh dari pendahulunya. LG BL40 berbentuk batang, sangat batang malahan karena layarnya yang sangat tidak lazim untuk ponsel. Ukuran layar yang digunakan berukuran extra, yaitu 4 inchi, lebih besar dibandingkan ponsel widescreen yang banyak beredar diangka 3,5 inchi. Sebenarnya yang membuat coklat ini terasa unik adalah rasio layarnya, biasanya ponsel widescreen memiliki ukuran 16:9, namun ponsel besutan LG ini memiliki rasio yang berada pada angka 21:9. Dengan rasio seperti di atas, dapat disimpulkan tampilan ponsel ini akan panoramik atau menyerupai tampilan bioskop yang memanjang. Layar capasitive touchscreen berjenis TFT 16,7 juta warna akan memberikan tampilan yang memuaskan.









Bagian muka BL40 hampir didominasi oleh layarnya yang unik. Selain layar hanya ada earpiece dan kamera untuk videocall, jadi semua kontrol dilakukan dengan layar sentuhnya. Bagian tepi sebelah kanan terdapat tombol shutter kamera dan pengatur volume, sedangkan disisi satunya terdapat port microSD dan tombol play untuk musik. Port audio yang disediakan sudah ukuran 3,5 mm berada dibagian atas bersama dengan tombol on/off.
Banyak perangkat unggul yang ditanamkan pada ponsel ini, mulai dari kamera dengan optik Schneider Kruesnach, pemutar musik, Wifi, HSDPA modem serta tak lupa perangkat GPS dengan receiver internal. Kamera menggunakan optikal Schneider Kruesnach yang tidak diragunkan lagi kemampuannya, dengan rasio layar 21:9 bagian kanan dan kiri layar (posisi landscape) akan berfungsi sebagai kontrol sentuh sedangkan bagian tengah untuk viewfinder dengan ukuran postcard (8:4). Setting kamera dapat dilakukan dengan mudah, menyerupai tampilan kenop pada kamera digital. Menu setting ditampilkan secara sirkular yang dapat berputar, sehingga mempermudah pengaturannya. Resolusinya sudah 5 megapixel, bukan yang terbesar namun masih termasuk mumpuni untuk ukuran kamera ponsel. Autofokus dan flash juga ditanamkan sehingga hasil potretan semakin sempurna. Sebagai catatan, terjadi pengkayaan warna pada warna-warna tertentu seperti pada kamera ponsel Nokia. Dapat juga digunakan sebagai perekam video dengan resolusi VGA dan framerate 30 fsp dalam format mp4.









Sebagai ponsel multimedia, pemutar musik menjadi hal yang diunggulkan. Tiap file musik yang dimainkan akan diwakili dengan sebuah ikon cd atau album art, jika id3tagnya tepat karena saat digunakan file yang memiliki id3tag yang dapat dibaca oleh ponsel Nokia dan BB, tidak terbaca saat dimainkan dengan pemutar musik BL40. Output suaranya tidak mengecewakan, hanya saja saat di set pada suara maksimal, keluaranya terdengar cempreng. Tapi begitu digunakan headsetnya, baru terasa kualitas sesungguhnya dari pemutar musik cokelat baru ini, apalagi didukung dengan Dolby Mobile enhancement yang akan memuaskan pendengaran anda. Lain hal nya saat digunakan untuk membuka file video, dengan tampilan yang panoramik dan resolusi HD (high defenetion) serta Divx player akan memberikan tampilan vieo yang yahud. Hanya saja tidak terdapat palyer khusus untuk video sehingga hanya dapat digunakan saat membuka file video pada folder.
Walaupun dikeluarkan pada kelas multimedia, konektifitas tidak terbengkalai. Akses data sudah menggunakan HSDPA 7,2 mbps, WiFi 802.11 b/g, serta tak lupa kabel data dan bloetooth. Browser yang bagus ditanamkan sehingga pada saat mode landscape, tampilan situs dapat dimunculkan dengan resolusi standar desktop. Untuk yang memiliki hobi online, disediakan juga aplikasi social networking yang akan menghubungkan anda dengan 3 situs jejaring sosial yang populer saat ini Facebook, Twiter, dan My Space. Sebagai sarana navigasi, telah disediakan reciever GPS lengkap dengan aplikasi WisePilot for LG yang menyediakan navigasi turn by turn. Selain itu dapat menggunakan navigasi alternatif seperti Google Maps.
Hanya saja baterai yang digunakan tidak cukup baik, karena hanya berkapasitas 1000mAh. Jadi pada sekali pengisian, baterai hanya mampu bertahan 1,5 hari untuk pemakaian normal. Memori internal BL40 sudah cukup mumpuni, 1 GB dengan didukung microSD sampai dengan 32 GB. Peru diingat kembali bahwa ponsel ini tidak menggunakan sistem operasi terbuka semacam symbian atau windows mobile. Ponsel ini hanya menggunakan S-claas Touch UI khas produk touchscreen LG. Walau tanpa OS terbuka,UI ini dapat digunakan untuk multitasking.
LG New Chocolate BL40 memberikan varian baru dalam dunia ponsel. Dengan spesifikasi seperti diatas, tentu ponsel ini layak untuk dimiliki. Cokelat baru yang semakin nyummmy.....

Spesifikasi :

Key Features

  • 4 inch widescreen HD LCD
  • Complete Web Display
  • Dual Screen UI
  • Panoramic Entertainment
  • One Touch Copy & Paste

Basic Specification

Type                                   Bar phone
RF Band                             GSM 850/900/1800/1900, UMTS 900/2100, HSDPA 7.2
Dimension                           128 x 51 x 10.9
Weight with Batt.Standard   129 gr
Standby Time, Max (hrs)     Up to 400hrs(2G), 370hrs(3G)*
Talk Time (hrs)                    Up to 6hrs(2G), Up to 5 hrs(3G)*
External LCD (Pixel)           TFT touchscreen,16M Colors, WVGA 345 x 800 pixels, 4.0 inches
Vibration                           Yes

Messaging

SMS / EMS / MMS          Yes / No / Yes
E Mail                               Yes
Video MMS                      Yes

 Internet

WAP (version)                   Yes (2.0)
Wi-Fi                                 Yes

PIM

Scheduler/Alarm                  Yes / Yes
Phonebook (# of names)      Yes (1000)


Advanced Features

Java (version)             Yes (2.0)
MIDI (poly)                64 poly
Built-In Game             Yes (7)
FM Radio                  Yes
Camera Resolution      5 (MP)
Internal Memory         1.1GB
External Memory        MicroSD up to 32GB (not included)
MP3                           Yes
Bluetooth                    Yes
Touch Screen             Yes
Video Recording        Yes
Document Viewer       Yes
 
Referensi
Tabloid Pulsa Edisi 174 tahun 2010
 
LG Electronik website 
 
 

0 Response to "LG “New Chocolate” BL40, Hmmm Nyummi...."

Posting Komentar