Browser piihan untuk hanphone anda


Rata-rata pemilik ponsel kurang merasa puas dengan peforma browser bawaan handphonenya. Dilihat dari beberapa sisi memang terasa bahwa browser bawaan terlihat membosankan, dengan peforma yang kurang memuaskan baik dilihat dari kecepatannya akses, kompresi data dan dukungan fila yang dapat diakses. Hal ini yang menjadi celah bagi pengembang software untuk membuat browser yang dapat dijadikan alternative pilihan bagi pemilik ponsel. Terdapat beberapa browser yang berkembang dan banyak digunakan oleh pemilik ponsel, diantaranya Opera Mini, UCWEB, TeaShark, SkyFire dan Bolt.
Mungkin dari sekian banyak browser, Opera Mini yang paling terkenal dianatar browser yang lain. Selain Opera Mini, UCWEB, TeaShark dan Bolt adalah browser yang  kompatibel dengan ponsel berbasis java sehingga lebih familiar dibandingkan SkyFire yang dibuat untuk pengguna ponsel berbasis symbian.
Saat digunakan untuk membuka halaman web yang kompleks (web yang digunakan cnn.com), ternyata yang paling cepat adalah SkyFire dengan 11 detik diikuti oleh Opera Mini selama 14 detik. Browser lain memiliki waktu transfer lebih dari 20 detik, UCWEB yang mencatat waktu paling lama yaitu 26 detik.SkyFire menjadi yang tercepat karena selain berbasis symbian atau dengan kata lain bersistem operasi, SkyFire tidak perlu melewati virtual machine seperti halnya browser berbasis java sehingga kecepatan aksesnya menjadi yang tercepat.
Dilihat dari sisi menu dan navigasi, kelima browser diatas memiliki system navigasi yang tak jauh berbeda, hanya masalah penempatannya saja yang berbeda. Shortcut merupakan hal yang sering mebantu untuk mempercept proses akses terhadap suatu menu. UCWEB dan Opera Mini menyediakan shortcut yang lengkap, sedangkan browser yang lain hanya sebatas beberapa shortcut saja. Hasil tampilan web yang dibuka pun berbeda. Opera Mini dan UCWEB  melakukan penyesuaian sehingga kompatibel dengan layar ponsel. Sedangkan tiga browser yang lain menampilkan web persis dengan tampiln di desktop computer.
 Salah satu fitur yang tidak ada di browser bawaan ponsel adalah fitur video streaming (kecuali pada smartphone, beberapa smartphone yang beredar saat ini sudah ada yang mendukung video streaming). Opera Mini dan TeaShark tidak menyediakan fitur tersebut, sedangkan tga browser yang lain sudah mendukung video streaming, walau dengan cara yag berbeda-beda. Bolt dapat memainkan file dari situs penyedia namun menggunakan media player yang lain, terdapat menu wizard yang diperuntukkan untuk hal tersebut. UCWEB menyediakan media playback langsung pada browser, namun kurang maksimal, terkadang yang ditampilkan hanya pageblank. SkyFire dapat langsung melalkkan streaming video langsung pada browser. Hal ini dapat dimaklumi karena bowser yang berbasis system operasi symbian biasanya sudah mendukung format Adobe Flash dan QuickTime.
Fitur lainnya yang cukup dibutuhkan adalah download manager. TeaShark dan Opera Mini tidak menyediakan fitur tersebut. UCWEB menyediakan download manager yang cukup lengkap, dengan kemampuan pause dan resume untuk melajutkan proses download ketika terputus. Bolt dan SKyFire juga menyediakan fitur download manager, ditambah kemampuan untu menyimpn gambar, hanya saja SkyFire memiliki cangkupan file yang dapat disimpan.
Masing-masing browser memiliki fitur unggulan untuk dijadikan daya tarik para pengguna ponsel. UCWEB mampu mendukung RSS subscription sehingga penggunanya dapat memperoleh informasi terbaru hanya dengan login langsung pada browser. Opera Mini memiliki kemampuan kompresi size file hingga 90% sehingga cocok untuk penggemar browsing agar tidak menguras pulsa. TeaShark memiliki 2 tipe zoom, yang pertama zooming tampilan sedang yang kedua zoom berdasarkan section. Fitur ini dapat memudahkan untuk melihat suatu halaman web yang besar dengan tamplan sebesar layar ponsel. Selain itu TeaShark juga menyediakan fitur bookmark smart web address entry, find text, built-in web search, RSS reader, in-line editing, dan permanent history. SkyFire menyediakan kemampuan untuk mengaktifkan akun Gmail, Facebook, Twitter, Youtube dan beberapa situs berita langsung dari browser. Bolt menyeidakan beberapa aplikasi yang dapat didownload seperti calander widget dan simple calculator.

Tabloid Pulsa Edisi 178 thn VII

0 Response to "Browser piihan untuk hanphone anda"

Posting Komentar